BAB I
SEJARAH
PERKEMBANGAN SI/TI
A. Sejarah SI/TI.
Teknologi informasi lahir beriringan dengan kelahiran
peradaban manusia. Manusia cenderung untuk beradaptasi dengan cepat terhadap
perkembangan teknologi agar dapat berkomunikasi dengan lebih cepat dan lebih
baik. Dari beberapa literatur, sejarah perkembangan teknologi informasi dapat
dibagi ke dalam 4 (empat) era yaitu era pra-mekanis, era mekanis, era
elektromekanis, dan era elektronik. Beberapa era diantaranya masih memberikan
pengaruhnya kepada kehidupan manusia hingga kini.
1.Era Pra-Mekanis
Era pre-mekanis adalah era dimana manusia pertama kali mulai berkomunikasi
dengan menggunakan bahasa
sebagai alat komunikasi atau gambar di dinding goa. Selain
ditemukannya sistem huruf atau alfabet dan sistem angka, beberapa
teknologi lain yang ditemukan pada era ini adalah kertas, pena, buku, dan
kalkulator.
Sejarah perkembangan teknologi informasi pada era pra-mekanis berlangsung
antara tahun 3000 SM hingga 1450 M. Pada tahun 3000 SM, Bangsa Sumeria di
Mesopotamia telah mengembangkan tulisan pertama. Sebelum tulisan ditemukan,
bangsa Sumeria berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang mereka catat dengan
menggunakan gambar sederhana. Mereka menulis di atas lempengan tanah liat dan
kemudian mengembangkan naskah yang kita kenal sebagai runcing atau berbentuk
baji.
Kemudian, sekitar
tahun 2600 SM, bangsa Mesir kuno mulai menulis pada daun papirus. Bangsa Mesir
Kuno juga merupakan bangsa yang pertama kali menemukan sistem angka.
Selanjutnya, sekitar tahun 2000 SM, bangsa Fenesia yang menempati sepanjang
pantai Laut Mediterania menciptakan berbagai simbol-simbol. Alfabet Fenesia
sendiri baru dikembangkan pada sekitar tahun 1200 SM yang berasal dari
prototipe Bangsa Semit. Alfabet Fenesia merupakan akar bagi alphabet Yunani
yang kita kenal sekarang. Dengan ditemukannya sistem alphabet dan kertas,
manusia kemudian mencoba untuk menyimpan apa yang ia tulis ke dalam tempat
penyimpanan. Di sinilah buku dan perpustakaan pertama mulai berkembang.
Terkait dengan sistem angka yang juga mulai berkembang di era pra-mekanis,
sekitar tahun 100 M telah ditemukan sistem angka 1-9 pertama di India. Lebih
dari tujuh abad kemudian, ditemukan angka nol. Setelah ditemukannya sistem
angka, manusia kemudian mengembangkan sebuah alat yang dapat digunakan untuk
melakukan sesuatu terhadap angka-angka tersebut. Alat tersebut adalah
kalkulator yang merupakan penanda pertama dari sebuah prosesor informasi.
Kalkulator kuno atau abakus adalah salah satu teknologi yang ditemukan pada era
pra-mekanis setelah berkembangnya sistem angka.
2. Era Mekanis
Era mekanis adalah era dimana kita pertama kali mulai melihat kaitan
antara teknologi yang kita gunakan pada era kini dan era lalu. Era mekanis pada
perkembangan teknologi informasi berlangsung antara tahun 1450 hingga 1840. Era
mekanis adalah era dimana ledakan informasi terjadi untuk pertama kalinya. Hal
ini ditandai dengan ditemukannya mesin cetak oleh Johann Gutenberg dan
perkembangan buku. Berbagai teknologi baru lain yang juga dikembangkan pada era
mekanis adalah komputer. Selain itu, teknologi lainnya yang juga ditemukan pada
era mekanis adalah Pascaline yaitu komputer mekanis yang sangat terkenal yang
ditemukan oleh Blaise Pascal. Selain berbagai temuan-temuan teknologi baru,
berbagai mesin yang berbeda pun diciptakan pada era mekanis misalnya
kalkulator.
3. Era Elektromekanis
Era elektromekanis merupakan era dimulainya telekomunikasi yang kita kenal
sekarang. Telekomunikasi adalah alat dan teknik yang digunakan untuk transmisi
informasi jarak jauh melalui kabel atau radio/satelit tanpa merusak atau hilang
karena gangguan. Era elektromekanis sendiri berlangsung selama satu abad yaitu
antara tahun 1840 hingga 1940. Beberapa teknologi revolusioner ditemukan pada
era elektromekanis seperti batere volta pada akhir abad 18, telegraf di tahun
1800an, kode Morse diciptakan di tahun 1835 oleh Samuel Morse, telepon di tahun
1876 oleh Alexander Graham Bell, radio diciptakan oleh Guglielmo Marconi di
tahun 1894, dan lain-lain.
Teknologi lain yang ditemukan pada era elektromekanis adalah komputer
digital. Komputer digital otomatis berskala besar pertama dibuat di Amerika
Serikat dengan nama Mark 1 yang diciptakan oleh Universitas Harvard sekitar
tahun 1940. Komputer ini memiliki tinggi 8 kaki, panjang 50 kaki, dan lebar 2
kaki dengan berat sekitar 5 ton. Pada era ini juga muncul konsep teknologi
komunikasi satelit. Semua teknologi tersebut merupakan langkah awal menuju
sistem teknologi informasi modern.
4. Era elektronik
Era elektronik adalah era yang kita jalani saat ini. Era elektronik
berlangsung sejak tahun 1940 hingga kini. Beberapa temuan penting pada era
elektronik adalah komputer berkecepatan tinggi pertama yang menggunakan tabung
hampa yang bernama ENIAC, program penyimpanan komputer pertama, komputer
komersial pertama yang bernama UNIVAC, dan berbagai evolusi teknologi
komputer, teknologi komunikasi satelit, dan sistem komunikasi serat optik.
ENIAC atau Electronic Numerical Integrator Computer adalah
komputer digital pertama berkecepatan tinggi yang diprogram ulang untuk
mengatasi luasnya permasalahan komputer. ENIAC dirancang untuk digunakan oleh
militer Amerika Serikat. Mesin ini lebih besar dibandingkan dengan Mark
1. Sementara itu, UNIVAC atau Universal Automatic Computer adalah
komputer pertama yang ditujukan untuk kepentingan komersial.
B.
Perkembangan Komputer.
Teknologi komputer
dikelompokkan ke dalam beberapa kategori kronologis yang disebut dengan
generasi. Generasi komputer dimaknai sebagai sebuah tahapan pencapaian dalam
teknologi komputer baik hardware maupun software.
Selain itu, generasi komputer juga merefleksikan pertumbuhan industri komputer.
Berikut adalah evolusi komputer yang dibagi ke dalam berbagai generasi yang
berbeda :
Generasi pertama (1945-1956)
Komputer generasi pertama dikembangkan di akhir tahun 1940an. Pada
generasi pertama, komputer menggunakan tabung hampa dan berukuran sangat besar.
Pada generasi ini digunakan rotating magnetic drum sebagai
ruang penyimpanan internal
Generasi kedua (1956-1963)
Pada komputer generasi kedua, diciptakan berbagai alat padat berupa
transistor, pita magnetik, serta inti magnetik sebagai ruang penyimpanan
internal dan lain-lain oleh William Shockley dkk. Alat-alat ini
ditempatkan dalam tabung hampa yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan
mengurangi yang lainnya. Komputer generasi kedua berukuran lebih kecil dari
komputer generasi pertama dan lebih murah secara produksi. Pada generasi ini
diciptakan juga bahasa pemograman FORTRAN dan COBOL.
Generasi ketiga (1964-1971)
Komputer generasi ketiga digunakan pita magnetik, dan semikonduktor oksida
logam. Pada generasi ketiga, komputer memiliki alat penyimpanan dan alat untuk
keluar masuk seperti terminal visual display, tinta pembaca magnetik dan alat
cetak berkecepatan tinggi, dan chip IC yang dapat meningkatkan kecepatan
komputer. Sistem operasi yang sebenarnya muncul sekitar saat ini bersamaan
dengan bahasa pemograman BASIC yang canggih. Komputer generasi ketiga
berukuran lebih kecil dan lebih murah.
Generasi keempat (1971-sekarang)
Pada komputer generasi keempat, digunakan CPU atau central
processing unit yang berisi sirkuit memori, logika, dan kontrol semua
pada satu chip tunggal. Pada tahun 1971, perusahaan terkemuka Amerika Serikat
INTEL mengembangkan chip sirkuit terintegrasi yang disebut dengan prosesor
mikro. Tahun 1976, Steve Wozniak mengembangkan serangkaian komputer mikro yang
dinamakan The Allple Series dan merupakan komputer yang paling modern.
Generasi kelima (Sekarang- …..)
Komputer generasi kelima adalah komputer yang tidak hanya memiliki
kapabilitas terbaru seperti kecepatan, akurasi, penyimpanan, kemampuan berpikir
dan membuat keputusan. Komputer generasi kelima disebut juga dengan Artificial
Intelligence.
Kombinasi teknologi komputer dan laser melahirkan sebuah cakram informasi
dalam bentuk miniatur. Sebuah cakram optik berbentuk tipis dan bundar dan dapat
menyimpan informasi serta data yang ditulis dan dibaca melalui penggunaan sinar
laser. Berbagai bentuk teknologi penyimpanan informasi adalah CD, CD ROM, dan
DVD.
Era elektronik telah melahirkan era baru yaitu era informasi. Era
informasi ditandai dengan perpindahan industri tradisional ke industri ekonomi
berdasarkan digitalisasi informasi. Era informasi seringkali diasosiasikan
dengan revolusi digital sebagaimana revolusi industri terkait dengan era
industri. Menilik sejarah perkembangan teknologi komunikasi dan perkembangan alat komunikasi berdasarkan teori media baru atau teori new media,
maka Internet merupakan teknologi informasi dan komunikasi paling mutakhir yang
ditemukan oleh manusia. Konsep tentang internet dimulai pada awal tahun
1960an, namun Internet sendiri ditemukan bersamaan dengan penemuan World Wide
Web di tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee dan dikenalkan ke seluruh dunia pada
tahun 1991. Internet kemudian menjadi sebuah jaringan yang sangat mudah
diakses. Internet kini telah menjadi sebuah platform global untuk
mengakselerasi arus informasi.
C.
Perangkat Komputer.
Jenis
komputer berdasarkan ukuran fisik dan kemampuan pemrosesan :
1. Super
Komputer; memproses ratusan milyar instruksi per detik.
2. Komputer
Mainframe; memproses ratusan juta instruksi per detik
3. Komputer
Mini; mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan komputer
mainframe, tergantung dari ukuran fisiknya.
4. Komputer
Personel; memproses jutaan instruksi per detik
Perangkat
Keras Komputer
1. Bahasa
Mesin
Perangkat
keras komputer berpikir dalam bahasanya sendiri yang disebut sebagai bahasa
mesin.
2. Unit
Prosessor Pusat (Central Processor Unit / CPU)
Adalah
bagian internal komputer yang menjalankan instruksi yang diberikan kepadanya
oleh program komputer. CPU terdiri atas: Unit pengendali, Unit logika
aritmatika (Aritmatic Logical Unit / ALU), dan Memori primer.
Unit
Pengendali
Bertugas
mengarahkan seluruh sistem komputer dalam menjalankan seluruh fungsinya.
Unit Logika
Aritmatika
Bertugas
melaksanakan semua pekerjaan komputasi dan logika.
Memori
Primer
Sebagai
tempat menyimpan hasil instruksi-instruksi yang dilakukan ALU. Jenis memori ini
mempunyai 2 ciri:
– Mudah
berubah, data akan hilang jika aliran listrik off.
– Random
accessible memory (RAM), berarti ALU dapat secara langsung mengakses data dalam
memori.
3. Prosesor
Pendukung
Adalah
pembantu CPU yang bertugas melaksanakan fungsi-fungsi khusus. Contoh:
Komunikasi, vidio/audio
4. Penyimpan
Sekunder
Adalah
penyimpanan data di luar CPU, yang terdiri atas:
1. Pita
Magnetik, baik dalam bentuk rol dan cartridge
2. Disk
Magnetik yang biasa disebut dengan disket
3. Disk
Optikal (contoh CD-ROM)
BAB
II
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS & PERANGKAT
LUNAK .
A.
Pemahaman Komponen Perangkat Keras.
1. Input.
Input
terutama dijalankan dengan cara mengetikan data keyboard, yang ini seperti
mengetik dengan mesin ketik. Mouse juga digunakan untuk input. Kebanyakan
komputer tidak dapat menerima data dalam bentuk komunikasi manusia biasa
seperti percakapan atau dokumen tertulis. Oleh karenanya, kita perlu
memperesentasikan data ke komputer dengan suatu cara yang bisa memberikan
konversi yang mudah ke bentuk elektronik yang didasarkan pulsanya sendiri. Hal
ini biasanya dicapai dengan mengetikan data ke dalam peralatan keyboard yang
mengubahnya menjadi bentuk machine-sensible (yang bisa dirasa mesin). Perangkat
keyboard hanyalah salah satu jenis input device (perangkat input). Dalam beberapa
kasus, dokumen atau media yang bisa dibaca mesin dihasilkan sebagai bagian dari
peroses input. Data akhirnya akan masuk ke storage (penyimpanan).
2. Proses
Pemerosesan dilakukan oleh mikroprosesor, meskipun ia mempunyai fungsi
yang sangat berbeda, hampir sama konstruksinya dengan main memory, sebab ia
merupakan jenis chip silikon lain. Ia juga ditempatkan pada papan sirkuit
elektronik. Pada sebagian besar komputer yang lebih besar, pemerosesan
dilakukan oleh sejumlah chip terpisah, sebagai pengganti mikroprosesor tunggal.
Komputer yang pemrosesannya dilakukan oleh mikroperosesor disebut
mikrokomputer. Instruksi dipatuhi dan operasi aritmetik yang diperlukan, dan
sebagainya, dilakukan dapat data. .Bagian yang mengerjakan hal ini disebut
Arithmetic Logical Unit (ALU). Selain menjalankan operasi aritmetik ia juga
menjalankan operasi “logis”. Operasi-operasi ini berjalan pada kecepatan yang
sangat tinggi, misalnya 10 juta angka bisa ditotal dalam waktu 1 detik.
3. Penyimpanan
Penyimpanan (storage). Data dan instruksi memasuki main storage
(penyimpanan utama), dan disimpan sampai diperlukan untuk bekerja. Instruksi
tersebut mengarahkan tindak yang akan diambil pada data. Hasil tindakan
tersebut akan disangga sampai ia diperlukan untuk output. Penyimpanan utama
dilengkapi dengan auxiliary storage (penyimpanan tambahan) yang lebih murah,
yang juga disebut backing storage (penyimpanan cadangan), misalnya, hard disk
(1.9b) untuk tujuan penyimpanan massal. Penyimpanan cadangan berperan penting
dalam menyangga “maintained data” (data yang dipelihara), yakni data yang
disangga oleh komputer, sehingga ia bisa memberikan informasi kepada pemakai
apabila diperlukan.
4. Output
Output mempunyai dua bentuk alternatif. Data bisa dicetak ke dalam
lembaran kertas dengan menggunakan laset printer atau bisa ditampilakan pada
layar monitor. Hasil-hasil diambil dari penyimpanan utama dan dimasukan ke
output device (perangkat output). Perangkat ini bisa berupa printer, dimana
dalam hal ini informasi tersebut secara otomatis diubah ke bentuk tercetak
(printed form) yang disebut hard copy, atau mungkin data tersebut ditampilakan
pada laya monitor yang sama seperti laya pada set televisi.
B. Pemahaman Komponen Perangkat
Lunak.
1. Evolusi Perangkat Lunak.
·
Era Pertama.
a. Batch
orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atadilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atadilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.
b. Limmited distribution
Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu.
Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu.
c. Custummer software
Software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.
·
Era Kedua.
a. Multi
user
Suatu sistem
di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.
b. Real time
Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan
data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam
mili second.
c. Database
Perkembangan
yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi
pertama DBMS (DataBase Management System).
d. Product
Software
Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.
Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.
·
Era Ketiga.
a.
Distibuted system
Suatu sistem
yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau
bidang lainnya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari
komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.
b. Embedded intellegence
Suatu
product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan
mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan
diagnostic serum darah.
c. Low cost hardware
harga hardware
yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
d. Consumer infact
Adanya
perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang
dikembangkan,
software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.
·
Era Keempat.
a. Expert
system
Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.
Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.
b. AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.
c. Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.
2.
Klasifikasi Perangkat Lunak.
Perangkat
lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
● Bahasa
pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan
arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di
jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL,
Pascal, C++, FORTRA
● Sistem
Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang
pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori
dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi :
DOS, Unix, Windows 95, 98, 2000, Xp, Vista , IMB OS/2, Apple’s System 7
● Utility
: sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,
misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa
disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,
defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.
Perangkat Lunak Aplikasi.
a. Aplikasi Office.
Perangkat lunak ini adalah yang
paling fleksibel dan banyak digunakan. Ini biasanya digunakan untuk membuat
memo, fax dan surat. Prosesor kata juga digunakan untuk membuat laporan dan
halaman yang dipersonalisasi di Web. 3 Perangkat Lunak Pengolah Kata yang
terpopuler di masyarakat adalah: Microsoft Word, Lotus Word Pro dan Corel
WordPerfect Prosesor Word umumnya menyediakan banyak fitur yang membuat proses
pemasukan, mengedit dan memformat dokumen tertulis menjadi lebih cepat dan
tepat.
b. Aplikasi
Multimedia.
Software
aplikasi ini pasti ada hubungannya dengan seni grafis. Aplikasi inilah yang
membantu orang-orang dalam pengolahan gambar. Mulai dari melihat gambar,
mengedit gambar atau langsung menggambar dengan menggunakan komputer. Contoh
aplikasi pengolah grafis adalah Adobe Photoshop dan CorelDraw. Dengan
menggunakan aplikasi tersebut, banyak orang bisa membuat atau menghasilkan sejumlah
gambar menakjubkan, seperti mengedit gambar mereka di menara Eiffel Perancis
tanpa harus berkunjung ke sana langsung.
c. Aplikasi Internet.
Setiap
sistem operasi pada komputer yang anda gunakan biasanya telah menyediakan
program aplikasi untuk mengakses internet, contohnya pada sistem operasi
Windows XP yang memiliki program Internet Explorer.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar